air limbah rumah sakit

Konsultan Ipal Rumah Sakit

Secara umum yang dimaksud dengan air limbah (sewage) adalah excreta manusia,  air kotor dari dapur, kamar mandi dari WC, dari perusahaan-perusahaan termasuk pula air kotor dari permukaan tanah dan air hujan. Sewage dibedakan menjadi domestic sewage yang berasal dari rumah-rumah dan industryal sewage yang berasal dari sisa-sisa proses industri (Entjang).

 

Air Limbah rumah sakit adalah semua limbah cair yang berasal dari rumah sakit yang kemungkinan mengandung mikroorganisme, bahan kimia beracun, dan radioaktif (Sanropie). Limbah cair yang dihasilkan dari sebuah rumah sakit umumnya banyak mengandung bakteri, virus, senyawa kimia, dan obat-obatan yang dapat membahayakan bagi kesehatan masyarakat sekitar rumah sakit tersebut.

 

Air limbah rumah sakit adalah seluruh buangan cair yang berasal dari hasil seluruh kegiatan rumah sakit yang meliputi limbah domestik cair yakni buangan kamar mandi, dapur, air bekas pencucian pakaian; limbah cair klinis yakni air limbah yang berasal dari kegiatan klinis rumah sakit, misalnya air bekas cucian luka, cucian darah. dll; air limbah laboratorium; dan lainnya. Sumber-sumber pencemaran dari limbah cair rumah sakit tentunya sangat berpotensi mengganggu kesehatan lingkungan maupun kesehatan manusia.

  1. Sumber dan karakteristik air limbah rumah sakit

 

Sumber air limbah  bervariasi sesuai dengan tipe rumah sakit. Adapun sumber air limbah rumah sakit pada umumnya adalah:

 

1)          Dapur

2)          Pencucian linen

3)          Ruang perawatan

4)          Ruang poliklinik

5)          Laboratorium

6)          WC dan kamar mandi

7)          Kamar mayat

8)          Unit lain sesuai tipe rumah sakit

2.Karakteristik air limbah  rumah sakit

 

Air limbah rumah sakit adalah seluruh buangan cair rumah sakit yang berasap dari hasil proses kegiatan rumah sakit, secara umum limbah rumah sakit dapat  dibedakan sesuai dengan kegiatan yang memproduksinya  Yaitu :

 

1)           Limbah Domestik cair yakni :

 

  1. a) Buangan kamar mandi, ,

 

Air limbah ini dikategorikan sebagai  limbah rumah tangga ,parameter dalam air limbah kamar mandi adalah zat padat, BOD, COD, Nitrogen, phosphorus, minyak dan lemak serta bakteriologis

 

  1. b) Air Limbah dapur

 

Air limbah dari unit dapur rumah sakit umumnya hamper sama limbah rumah tangga denga kandungan BOD, COD, Total Solid, minyak-lemak, nitrogen dan phospat. Bahan padatan yang terkandung berupa sisa makanan,sisa potongan sayuran dan lain-lain.

 

  1. c) Air Limbah laundry, Air bekas pencucian pakaian.

 

Air limbah laundry berasal dari unit pencucian bahan kain yang umumnya bersifat basa dengan kandungan zat padat total berkisar antara 800- 1200 mg/l dan kandungan BOD berkisar antara 400-450 mg/l.

 

2) Limbah cair klinis yakni air limbah yang barasal dari kegiatan klinis rumah sakit misalnya air bekas cucian luka,cucian darah dan lain-lain

 

Air limbah rumah sakit dari kegiatan domestic maupun klinis umumnya mengandung senyawa polutan oragnik yang tinggi

 

3) Air limbah Laboratorium

 

Air Limbah laboratorium berasal dari pencucian peralatan laboratorium dan bahan buangan hasil pemeriksaan contah darah dan lain-lain. Air limbah ini umumnya  banyak mengandung berbagai senyawa kimia  sebagai bahan pereaksi sewaktu pemeriksaan contoh darah dan bahan lain.

 

Air limbah laboratorium  mengandung bahan antiseptic dan antibiotic sehingga bersifat toksik terhadap mikroorganisme juga mengandung logam berat yang mana bila air limbah tersebut dialirkan ke dalam poses pengolahan  secara biologis, logam berat tersebut dapat mengganggu proses kerja dari pengolahan secara biologis.,oleh karena itu untuk air limbah yang berasal dari laboratorium diolah tersendiri secara fisika dan kimia selanjutnya hasil olahannya dialirkan bersama limbah lainnya.(Said)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *