ipal rumah tangga

Konsultan Ipal Rumah Tangga

Air merupakan salah satu sumberdaya alam yang tidak terbatas dan memilik peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia, baik untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari maupun untuk kepentingan lainnya seperti pertanian dan industri. Oleh karena itu keberadaan air dalam masyarakat perlu dipelihara dan dilestarikan bagi kelangsungan kehidupan. Air tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan, tanpa air tidaklah mungkin ada kehidupan . Semua orang tahu betul akan pentingnya air sebagai sumber kehidupan. Namun, tidak semua orang berpikir dan bertindak secara bijak dalam menggunakan air dengan segala permasalahan yang mengitarinya. Malah ironisnya, suatu kelompok masyarakat begitu sulit mendapatkan air bersih, sedangkan segelintir kelompok masyarakat lainnya dengan mudahnya menghambur-hamburkan air.

Kebutuhan akan pentingnya air tidak diimbangi dengan kesadaran untuk melestarikan air, sehingga banyak sumber air yang tercemar oleh perbuatan manusia itu sendiri. Ketidak bertanggung jawaban mereka membuat air menjadi kotor, seperti membuang sampah ke tepian sungai sehingga aliran sungai menjadi mampet dan akhirnya timbul banjir jika hujan turun, membuang limbah pabrik ke sungai yang mengkibatkan air itu menjadi tercemar oleh bahan-bahan berbahaya, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, diperlukan pengolahan air yang telah tercemar hingga layak digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Pengelolaan limbah rumah tangga dengan membuat Instalasi Pengolahan AirĀ  Limbah (IPAL) Komunal dinilai dapat mengurangi pencemaran air sungai dan air tanah. IPAL sendiri adalah suatu instalasi pengolahan air baku menjadi air bersih yang lengkap terdiri dari unit-unit intake, koagulasi, flokulasi, sedimentasi, filtrasi desinfeksi dan biasanya digunakan untuk mengolah air permukaan yang keruh menjadi air bersih. Tujuan utamanya adalah untuk membangun kepedulian warga terhadap pengelolaan dan effesisensi air. sehingga masyarakat mampu membedakan antara fungsi penggunaan drainase,irigasi dan sumur resapan. Ipal anaerob dengan sistem gravitasi ini di harapkan mampu mengolah air limbah dari kamar mandi menjadi tersaring dan terurai menjadi air baku kembali tidak tercemar oleh bahan kimia. Cara kerjanya adalah sebanyak 70 Rumah Tangga dapat mengalirkan limbah kamar mandi ke penampungan,lalu di saring sebanyak tujuh kali dan air dapat di gunakan kembali untuk menyiram tanaman dan sejenisnya namun tidak untuk di konsumsi . Ipal komunal ini dengan sistem anerob dan tanpa menggunakan energi listrik, sehingga lebih mengutamakan grafitasi atau berdasarkan kemiringan lokasi sehingga air dapat mengalir dengan perhitungan tertentu tidak terlalu cepat atu melambat sehingga proses penyaringan akan berjalan sempurna.

Selain itu pengolahan Air Limbah Rumah Tangga dapat menggunakan system Bioreaktor Ipal, yaitu sebuah tanki Bio Septic Tank yang di design khusus untuk menyaring Air Limbah, dimana didalamnya ada 3 sekat yaitu bak equalisasi sebagai penampungan awal air limbah, bak penampungan dimana di dalamnya terdapat beberapa media untuk mengolah Air Limbah, Bak pembuangan sebagai tempat hasil akhir dari pengolahan air limbah yang sudah di olah dan sesuai baku mutu lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *